-->

Kunjungan Tim Monev Baksos TNI KB Kesehatan DIY Tahun 2015 di Sendangsari Pajangan Bantul

Pajangan - Kapolsek Pajangan AKP Riwanta menghadiri acara penerimaan Kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Baksos TNI KB Kesehatan tingkat DIY Tahun 2015 bertempat di Balai Desa Sendangsari Kamis (12/11). Pengamanan dilakukan oleh Personil Polsek Pajangan, Polres Bantul, Koramil 18/Pajangan, Kodim 029/Bantul dan Polisi Pamong Praja Kab. Bantul, Kamis, 12 November 2015 jam 08.30 Wib.

Tema Kegiatan Baksos TNI KB Kesehatan Tahun 2015 ini adalah “Melalui Kerjasama Kemitraan BKKBN dengan TNI, kita tingkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga RPJMN 2015 – 2019”.

Tim Monev dimpin oleh Mayor Inf Joko Priyanto (Pasi Bakti TNI Rem 072/Pmk) dan beranggotakan dari LANAL, Lettu Lusia Karyanti (RSP AU Jogjakarta), Sudarsih Bidokes Polda DIY, Dinkes DIY, Nunuk (BKKBN), R. Ismindiyah BPPM, Hera (PKK DIY), diterima oleh perwakilan Bupati Bantul Bambang Guritno, SH (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia), Mayor Inf Restito Kasdim Bantul mewakili Dandim Bantul, Ketua Persit Kodim Bantul Ibu Fatma Tumadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Joko Sulasno Nimpuno (Ka BKK, PPKB), Sutaji SH MH (Ka PN Bantul), Kejaksaan Negeri Bantul, Forkompinda Kab. Bantul, Sekcam Pajangan Bambang Yuliono SE, Kapolsek Jajaran Polres Bantul, Danramil Jajaran Kodim Bantul, Kepala UPT PPD Pajangan Edy Susanto, Ibu-Ibu Persit Kodim Bantul, PLKB Kec. Pajangan, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Kepala Puskesmas Lucia Sri Rejeki, Kepala Bank BPD DIY KK Pajangan Drs. Ipan Sumadji, Rutan Bantul Agus Subagya, para Kepala Dukuh Desa Sendangsari, Ibu-Ibu TP PKK Desa Sendangsari dan segenap tamu undangan lainnya.

Tim Monev dibagi menjadi 5 kelompok dan setelah disambut langsung menuju ke tempat monitoring diantaranya Balai Desa Sendansgari sendiri, Puskesmas Pajangan, SMPN 1 Pajangan, Kec. Pajangan, Dk. Mangir Lor dan Dk. Mangir Kidul. Kegiatan yang dimonitor diantaranya, peserta KB Baru, PIK Remaja, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), UPPKS, UKS, Kegiatan PKK Pos Yandu dan Penyuluh KB.

Untuk program kesehatan aspek yang dinilai Kesehatan pelayanan Dasar (K4), Imunisasi Bayi, imunisasi Ibu Hamil, Pertolongan Persalinan, Perbaikan Gizi, Kegiatan PSM (Peran Serta Masyarakat), PSM untuk perkembangan UKBM.

Bambang Guritno. SH dalam sambutannya menyampaikan perkembangan penduduk yang sangat pesat kalau tidak di imbangi dengan pencanangan Keluarga Berencana (KB) maka akan menimbulkan gejolak di masyarakat. Konsep pembentukan keluarga kecil bahagia adalah konsep Kemanunggalan TNI dengan membantu kesejahteraan kepada masyarakat. KB dan kesehatan adalah ikhtiar manusia dan harus di perjuangkan dengan maksimal dengan pelayanan yang memadahi, di Kab. Bantul perkembangan penduduk yang cukup tinggi. Program ini sangat jelas bahwa Pemda. Kab. Bantul mendukung penuh adanya kegiatan KB kesehatan yang akan membantu masyarakat dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan di masyarakat.

Mayor Inf Joko Priyanto dalam kesan dan pesannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap elemen masyarakat yang telah mendukung kegiatan ini, sukses dan aplus bagi para motifator atas kerjanya yang mensukseskan KB di negara kita. Sudah 4 lokasi yg kami monitor dan ini yg terakhir, ada beberapa aspek yang kami monitor dan kami adakan penilaian, setelah dari sini akan kami rangkum hasil monitoring. Mari kita percepat tujuan KB agar masalah kependudukan di Negara kita dapat kita kendalikan, semoga cita-cita untuk menciptakan manusia yang berkualitas dapat kita raih.

Ibu Nunuk dari BKKBN DIY dalam kesannya bangga terhadap Puskesmas Pajangan yang beberapat Tahun telah mengadakan beberapa kelas diantaranya kelas Ibu hamil, kelas pengantin, kelas pendampingan keluarga penderita gangguan jiwa, kelas hipertensi, pelayanan KB, Pos Remaja dan bidan Rohani. Ia melihat adanya komitmen Kab. Bantul dan kesatuan dari masyarakat Bantul untuk pelaksanaan Baksos TNI KB Kesehatan ini. Peminat KB Pria di Kab. Bantul sudah mulai banyak. Ia menambahkan Puskesmas Pajangan telah berhasil membujuk salah satu warganya yang tadinya sulit diajak untuk program KB, usia 43 dan mempunyai anak 11, alkhamdulillah sekarang sudah termotifasi untuk ikut program KB (MOW). Ia memberikan apresiasi dan terimakasih pelaksanaan KB Kesehatan di wilayah Pajangan Kab. Bantul ini, kegiatan ini harap ditingkatkan terus sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bantul. Terakhir Ia mohon pamit untuk melaksanakan evaluasi.

Dalam acara tersebut diserahkan bantuan-bantuan diantaranya seperangkat alat medis kepada Bidan Desa, pinjaman lunak kepada UPPKS, pemakaian rompi kepada motifator KB pria dan penghargaan kepada peserta KB MOP. Penyerahan kesan dan pesan dari Tim Monev kepada Kepala BKK, PPKB Kab. Bantul yang selanjutnya diserahkan kepada Sekcam Pajangan mewakili Camat Pajangan.

Dalam memeriahkan acara ditampilkan Kesenian dari Desa Wisata Krebet Sendangsari Pajangan diantaranya, penyambutan dengan Bregodo prajurit putri Krebet dewi manggala, kur paduan suara dan Kesenian Gejok Lesung Krebet Wani Tampil. (Sihumas Sek Pajangan).



Humas Polsek Pajangan tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Copyright © 2015. Humas Polsek Pajangan - Proudly Powered By Blogger