-->

Lokakarya Mini Lintas Sektor Kecamatan Pajangan September 2017

Lokakarya Mini Lintas Sektor Kec. Pajangan September 2017Lokakarya Mini Lintas Sektor Kec. Pajangan September 2017Lokakarya Mini Lintas Sektor Kec. Pajangan September 2017
Kanit Sabhara Iptu Sarjiman hadiri Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor yang diselenggarakan oleh Puskesmas Pajangan di RM. Ingkung Sor Sawo Dusun Kalakijo RT 03 Guwosari Pajangan Bantul, Selasa (19/9/2017) jam 10.00 Wib.

Acara dihadiri Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, M.P.H., Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, KUA Pajangan Drs. Muslikhun, RAPI Kec. Pajangan Sugiyanto, Kasi Pelayanan Desa Guwosari HM. Nizar, BA., Kasi Pelayanan Desa Triwidadi Widi Astuti, Ketua TP PKK Desa Guwosari Umi Suharto, Ketua PKK Desa Sendangsari Suprihatin, S.E., Ketua TP PKK Desa Triwidadi Zeni Pujiastuti, S.P., Ketua Karang Taruna Seta Jalanidhi Timur Muhammad Mujib Azzuhri, Ketua Karang Taruna Asung Bhakti Desa Triwidadi Mukhlis Huda Subekti, S.E., DPPKBPMD Kec. Pajangan Istiarisca, Rutan Bantul Arif, UPT PPK Pajangan Dirgo Hantoro dan Kader PKK Kec. Pajangan.

Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, M.P.H. dalam paparannya mengatakan, Kec. Pajangan sudah lama tidak meraih Desa Bebas Empat Masalah Kesehatan (DB4MK) yakni tentang Kesehatan Reproduksi, Kematian Ibu melahirkan, kematian anak balita, gizi buruk dan penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue).

Evaluasi DB4MK ini periode Januari - Agustus 2017 Untuk Kematian Ibu saat melahirkan nihil. Kematian anak untuk Sendangsari 4, Guwosari 1, Triwidadi 2 total 5. Gizi buruk untuk Sendangsari 3, Guwosari 6, Triwidadi 3 total 12. Guwosari akan mendapat bantuan sembako dari Dinas kesehatan Bantul. Demam berdarah, Sendangsari 3 (Kunden 1 dan Beji Wetan 2), Guwosari 2 (Kalakijo), Triwidadi 2 (Kadireso 1 dan Kayuhan Kulon 1) total 7. Reward dari Kab. Bantul dimungkinkan tidak bisa mendapatkannya. Sedangkan untuk Dusun yang tidak terkena 4 kasus DB4MK akan mendapat Rp 2,5 Juta.

Kegiatan Imunisasi (vaksinasi) MR (Measles Rubela) kami melibatkan, Polwan Polsek Pajangan yang akhirnya pindah ke Polres Bantul, PKH Kec. Pajangan dan Kader Pos Yandu. Sasaran anak umur 9 Bulan - 15 tahun (± 7.500 anak). Bulan Agustus diberikan MR kepada anak sekolah SD, MI, SMP, SMA, SLB. September, Pos Yandu dan yang terakhir Sweeping. Anak sakit berat tidak diberi vaksin menunggu kesehatannya pulih dan vaksin bisa langsung ke Puskesmas Pajangan. Untuk Vaksinasi sudah ada fatwa dari MUI. Ada hal hal yang timbul setelah vaksinasi agar menghubungi Puskesmas Pajangan.

Layanan kami saat ini sedang terganggu, kami sedang memperbesar bangunan Puskesmas Pajangan untuk meningkatkan layanan. Rehab selesai sekitar Bulan November 2017. Layanan tetap berjalan selama 24 jam di gedung baru belakang. Untuk program kelas pengantin kami bekerjasama dengan KUA Pajangan, agar masyarakat yang mendapat undangan untuk hadir karena kesehatan penting untuk kita. Undangan pembinaan kesehatan lainnya dari Puskesmas sekali lagi masyarakat yang diundang agar datang. Berbeda dengan undangan untuk Kader PKK tanggapannya baik dan tepat waktu.

Acara dilanjutkan dengan diskusi, peserta lokmin dapat memberikan masukan-masukannya agar kesehatan masyarakat Pajangan dapat meningkat serta masalah DB4MK di Kec. Pajangan bisa nihil.

Kesehatan sangat penting untuk menunjang kita dalam beraktifitas. Kemauan dan Kesadaran dari masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, bersama sama menggalakkan program PSN dilingkungan masing-masing dan mau mengikuti program-program kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Pajangan merupakan kunci sukses untuk meraih derajat kesehatan yang lebih tinggi.

"Polsek Pajangan siap membantu masyarakat dan berkoordinasi dengan Puskesmas Pajangan untuk memberikan pelayanan kesehatan seperti mengantar korban kecelakaan maupun lainnya. Masyarakat harus peduli dengan lingkungan, adanya masyarakat minuman keras, penyalah gunaan obat misalnya PCC maupun tindak kriminal lainnya bisa melaporkan ke Polsek Pajangan. Mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas Pajangan dan bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan sehingga Pajangan bisa meraih reward DB4MK."

"Terakhir mengenai aksi main hakim sendiri diharapkan perilaku ini tidak terulang lagi di wilayah kita Kec. Pajangan. Masyarakat dalam membantu Kepolisian dengan mengamankan pelaku, korban dan barang bukti", tutur Kanit Sabhara Iptu Sarjiman. Acara selesai jam 11.30 Wib situasi aman. (Sihumas Polsek Pajangan)

19.2-9-2017 Lokakarya Mini Lintas Sektor Kecamatan Pajangan September 2017.

Humas Polsek Pajangan tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Copyright © 2015. Humas Polsek Pajangan - Proudly Powered By Blogger