-->

Sosialisasi Panwaslu Peran Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif

Sosialisasi Panwaslu Peran Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif
Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Pajangan mengadakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilihan Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 di RM. Ingkung Sor Sawo Dusun Kalakijo RT 03 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu siang (20/12/2017).

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Panwaslu Kab. Bantul Sumarno, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Purwanto, Kanit Sabhara Iptu Sarjiman, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Purnama Eka Wahyudi, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Kasipem Desa Triwidadi Giyanta, S.Pd, Ketua Karang Taruna Seta Jala Nidhi Timur Desa Sendangsari Mujib Azzuhri, Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari, Ketua TP PKK Desa Sendangsari Ibu Suprihatin, S.E., Ketua TP PKK Desa Triwidadi Ibu Zeni Pujiastuti, SP dan tamu undangan sejunlah ± 30 orang.

Panwaslu Kab. Bantul Sumarno menyampaikan, peran serta Bpk. Ibu dan masyarakat semua untuk berani melapor ketika ada pelanggaran pemilu sehingga berlangsung pemilu yang bersih. Pelanggaran yang dilaporkan, kepada pengawas diharapkan pelapor mau untuk menjadi bersaksi.

Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si. dalam sambutannya mengatakan, sesuai arahan dari Sekda Kab. Bantul Pemerintah Kec. Untuk memfasilitasi keberadaan Panwaslu Kecamatan dan sudah kita wujudkan kantor sekretariat Panwaslu Kec. Pajangan berkantor di Kec. Pajangan. Tanggal 17 April 2019 dijadwalkan pemilihan serentak untuk Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif (DPR RI, DPRD DIY dan DPRD Kabupaten). Masa pemilu 2019 berlangsung selama 6 berbeda dengan pemilu sebelumnya 1 tahun. Panwalu tingkat Kecamatan sudah dikukuhkan dan terbentuk kepanitiaannya yang diharapkan sudah dapat melaksanakan tupoksinya. Panwaslu mengajak agar pemilihan umum nantinya berlangsung jujur dan adil tanpa kecurangan. Kita semua dan warga masyarakat ikut andil dalam pengawan patisipatif dalam mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil. Panwaslu kita harapkan profesional tidak diskriminatif sehingga mewujudkan apa yang ingin dicapai.

Dandim dan Kapolres serta kami di Muspika Pajangan berharap Pemilu nantinya tetap mengedepankan ketentraman dan ketertiban di masyarakat. Harapan kami menghadapi tahun politik kepentingan politik diharapkan tidak mengganggu ketentraman di masyarakat.

Materi sosialisasi dalam kesempatan ini disampaikan oleh Mustofa yang menyampaikan materi Pengelolaan SDM dalam upaya pencegahan Pelanggaran Pemilu. Materi Penguatan Kelembagaan Dan Masyarakat Dalam Pengawas Partisipatif disampaikan oleh Fitri Asih, sedangkan materi Potensi Pelanggaran Tahapan Pemilu 2019 disampaikan oleh Ketua Panwaslu Kec. Pajangan Zandaru.

Zandaru menjelaskan dengan adanya kegiatan ini diharapkan sasaran sosialisasi ini dapat disampaikan, dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Partisipatif masyarakat dalam mengawasi Pentahapan Pemilu sangat kita harapkan agar Pemilu dapat berjalan jujur dan adil. Yang kita utamakan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran pemilu nantinya. Di tingkat TPS nantinya juga ada pengawas sehingga sangat membantu Pemilu yang Jurdil sehingga pemimpin yang terpilih nantinya menjadi pemimpin yang dicintai masyarakat, katanya.

Dalam sosialisasi ini diisi dengan tanya jawab yang diharapkan hal-hal yang belum dipahami dapat dijelaskan lebih gamblang. (Sihumas Polsek Pajangan).

20.2-12-2017 Sosialisasi Panwaslu Peran Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif



Humas Polsek Pajangan tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Copyright © 2015. Humas Polsek Pajangan - Proudly Powered By Blogger