-->

Pentas Jathilan Bekso Kudho Mataram Krebet Aman

Pentas Jathilan Kudho Mataram Krebet AmanPentas Jathilan Kudho Mataram Krebet AmanPentas Jathilan Kudho Mataram Krebet AmanPentas Jathilan Kudho Mataram Krebet AmanPentas Jathilan Kudho Mataram Krebet AmanPentas Jathilan Kudho Mataram Krebet AmanPentas Jathilan Kudho Mataram Krebet AmanPentas Jathilan Kudho Mataram Krebet Aman
Humas Polsek Pajangan pantau Pentas kesenian Jathilan Bekso Kudho Mataram dari Krebet bertempat di rumah Bpk. Panud Wibowo Dusun Krebet RT 03 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu (15/7/2017) jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Anggota DPRD DIY Joko Purnomo, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi., Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi Wignya Suprapto, LPMD Krebet Jumidal, BPD Krebet Riyadi, Ketua Pokdarwis Krebet Yulianto, Ketua RT, Toga, Tmas dan warga masyarakat Krebet serta daerah sekitarnya yang menyaksikan pentas sejumlah ± 400 orang.

Acara diawali dengan Ikrar Syawalan yang dibacakan oleh Bpk. Supriyanto, selanjutnya Ikrar Syawalan diterima oleh Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi Wignya Suprapto.

Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi Wignya Suprapto dalam sambutannya mengatakan Generasi muda harus melestarikan kesenian dan kebudayaan warisan leluhur kita khususnya Jathilan dengan mempunyai kemauan untuk ikut serta didalamnya.

Kelompok seni Jathilan agar melakukan regenari khususnya untuk Jathilan putri yang mempunyai daya tarik masyarakat untuk menonton. Terima kasih kepada ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta atas bantuannya dalam membimbing Jathilan di Krebet. “Saya ajak warga masyarakat Krebet mari kita bersama-sama melestarikan seni dan Budaya kita agar tetap terjaga”, tuturnya.

Sedangkan DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi. Dalam arahannya menjelaskan DPRD Kab. Bantul dan D.I. Yogyakarta sangat konsiten dengan kesenian Jathilan. Tahun depan kita akan kerja sama dengan Karang Taruna Bantul untuk mengadakan festival Jathilan.

Ia berpesan agar warga Krebet tetap menjaga guyub rukun dan nilai luhur Bangsa Indonesia, kita perkokoh persatuan dan kesatuan di masyarakat. “Semoga kelompok Jathilan bisa latihan lebih baik dan mengikuti irama perkembangan zaman. Semoga masyarakat dapat terhibur dengan Jathilan ini”, pungkasnya.

Bpk. Supriyanto menjelaskan, Jathilan Bekso Kudho Mataram dari Krebet yang dipimpinnya dalam kesempatan ini akan pentas dalam 3 Babak, Babak Rampak Buto, Babak putra Mataram dan Babak sekar Mataram. Kegiatan ini dilaksanakan warga masyarakat Krebet untuk acara Syawalan dan upaya kita untuk melestarikan seni dan Kebudayaan D.I. Yogyakarta yang ada di Dusun Krebet, katanya.

Acara pentas berakhir jam 00.30 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

.


Humas Polsek Pajangan tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Copyright © 2015. Humas Polsek Pajangan - Proudly Powered By Blogger