-->

Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017

Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Krebet Binangun Desa Wisata Krebet Sendangsari Pajangan Bantul menjadi juara 1 Lomba Pokdarwis tingkat Kab. Bantul dan maju mengikuti lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017 bersama Pokdarwis Jipangan dan Pokdarwis Pantai Baru.

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana diwakili Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. menghadiri penilaian Lomba Pokdarwis tingkat DIY Tahun 2017 untuk Pokdarwis Krebet Binangun di Sanggar Punokawan Dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Rabu (15/3/2017) jam 12.30 Wib.

Tim Juri dari Dinas Pariwisata DIY yang hadir Dra. Titik Sulistyani (Kasi Kelembagaan Dinas Pariwisata DIY), Herman Tony (DPD PHRI DIY), Henri Bramantia, S.A., M.P (Puspar UGM), Ir. Condroyono (PAV/Pengiat Pariwisata), Bobby Ardiyanto (DPD Asita DIY), Imam Widodo (DPD HPI DIY) tim mendapat pendampingan dari Dinas Pariwisata Kab. Bantul Ir. Wiyana, MT. (Kabidbang Destinasi), Tri Manora, S.Sos. (Kabidbang Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Irawan Kurnianto, SSTP (Kasi Kelembagaan Pariwisata Bidbang Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan Sudiantara, S.Sos. (Kasi SDM Bidbang Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Hadir dalam acara ini DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi. (Tokoh masyarakat Krebet), Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E., Pelda Parjangkung Koramil Pajangan, Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi Wignya Suprapto, LPMD Krebet Bpk. Jumidal, Ketua RT, Karang Taruna, Pengurus dan anggota Pokdarwis Krebet Krebet Binangun, peserta penilaian Lomba Pokdarwis yang hadir lebih kurang 100 orang.

Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim juri Lomba Pokdarwis tingkat DIY Tahun 2017. Hari ini bertepatan dengan lomba Desa tingkat Kab. Bantul sehingga Camat Pajangan dan Lurah Desa Sendangsari tidak bisa hadir. Desa Wisata Krebet terkenal akan batik kayunya dan Wisata alam Jurang Pulosari. Semoga Tahun ini Pokdarwis Krebet Binangun bisa mengukir prestasi dan bisa meningkatkan peranannya dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat Krebet, pungkasnya.

Dalam paparannya Riyadi mengatakan Pokdarwis Krebet Binangun memiliki visi “Mewujudkan Sapta Pesona dalam kehidupan masyarakat Krebet yang Cerdas, Kreatif, Agamis, Mandiri, dan Berbudaya”. Dusun Krebet memiliki dan mempertahankan tradisi dan potensi wisatanya seperti Wisata kerajianan (Meberl batik kayu dan Cinderamata batik kayu), Wisata alam (Jurang Pulosari, Sendang Tirto Waluyo, sumur Kawak, Kedung Noyo dan Belik Winong), Wisata Budaya (Merti Dusun Dusun dan Gelar Budaya tiap Tahun) dan Wisata Kesenian (Seni Tari, Kethoprak, Wayang Kulit, Karawitan, Sholawat Jowo dan Jathilan). Masyarakat Krebet mendukung dan mewujudkan Sapta Pesona Pariwisata (Aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan) guna meningkatkan kunjungan Wisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menciptakan rasa aman dan tertib masyarakat Dusun Krebet tiap RT mengadakan jaga warga ronda Poskamling. Adanya Pokdarwis Krebet Binangun menjadi sumber dana untuk mengembangkan wisatawan Krebet dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengikutkan Pemuda dan masyarakat dalam menerima kunjungan wisatawan. Hasil dari kegiatan kita dokumentasikan dan diupload di youtube. Mengenai pentinganya Sapta Pesona Pariwisata kita telah mengadakan pembinaan dan penyuluhan kemasyarakat.

Diakhir paparan Riyadi mewakili Pokdarwis Krebet Binangun mengharapkan Desa Wisata Krebet Binangun bisa menorehkan prestasi di tingkat DIY sehingga menambah semangat Pokdarwisnya dalam mengembangkan Pariwisata Desa Wisata Krebet dan peran sertanya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Krebet dari bidang Pariwisata”, ujarnya.

Dra. Titik Sulistyani dari Dinas Pariwisata DIY menyemangati penilaian ini dengan mengajak yel-yel “Pesona Indonesia - Wonderfull dan Pariwisata Jogja – Istimewa”.

“Pokdarwis Krebet diharapkan mempunyai Inovasi baru dalam mengembangkan pariwisatanya. Dunia pariwisata kunci pokoknya inovasi tiada henti. Krebet harus mampu menjadi inovator provokator pariwisata. Tujuan utama Pariwisata adalah harus bisa mensejahterakan masyarakatnya. Dalam Inovasi harus mengikuti trend pasar. Juara lomba ini bukan menjadi tujuan, yang penting kesejahteraan masyarakatnya dapat meningkat dengan adanya Pariwisata. Manfaatkan komunitas, kenalilah inovasi orang berwisata. Bisnis Wisata merupakan bisnis jaringan yang saling terkoneksi, tidak mungkin dilakukan hanya seseorang. Pokdarwis harus berkoordinasi dan saling bekerjasama dengan Pokdarwis lainnya sehingga menjadi jaringan yang bisa mengangkat potensi Wisata Krebet maupun Pariwisata Pajangan. Harga dari hasil kerajinan Batik kayu di Krebet harus lebih murah dari pada di pasaran”, ujar Ir. Condroyono tim Juri Lomba Pokdarwis tingkat DIY.

Acara penilaian Pokdarwis Krebet Binangun dalam lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017 selesai jam 14.00 Wib diakhiri dengan foto bersama sebagai kenangan. Hingga selesainya acara situasi aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).

1. 15.4-3-2017 Semua - Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017
2. Sony @5000 15.4-3-2017 Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017
3. 60 D 15.4-3-2017 Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017
4. 1100 D1 15.4-3-2017 Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017
5. 1100 D2 15.4-3-2017 Penilaian Pokdarwis Krebet Binangun Lomba Pokdarwis Tingkat DIY Tahun 2017

Humas Polsek Pajangan tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Copyright © 2015. Humas Polsek Pajangan - Proudly Powered By Blogger